ALERGI AURORA, SIAPA YANG JADI PENCETUSNYA?

HUAAAALOOOOOO!!!!  FEBRUARY 2019…

dscf0393

hahah kangen gak? hahaha PD banget gue :)) , udah lama gak nulis kaku banget nihh, kali ini gue mau bahas tentang alergi, agak telat sih harusnya ini dulu sebelum tulisan tentang gizi buruk hahah mumpung inget, mumpung masih ada foto foto Aurora waktu alergi, jadi mari kita lanjutkan.

yang jelas gue itu gak penah kepikiran anak gue ada bakat alergi, taunya akan aman aman aja dari ASI dan MPASI, yang gue inget dulu waktu gue masih direct breastfeeding ya setiappp, setiap gue makan keju, susu sapi dan turunannya,  kolik Aurora kumat. selalu nangis sampai nekuk tuh kakinya,, errggghhh nightmare gilaaaaa, kalo inget itu sampai gue pen kabur denger anak jerit jerit. sudah lah gue gak tau kalau ternyata makanan yang gue makan, saat mimik ASI berpengaruh ke pencernaan aurora.

saat 6 bulan, Aurora MPASI gue itu , gue yang gak jago jago amat masak, tp mulai lah explore masakan buat auro, tiap jam makan gue beda beda menu, segala bahan makanan organik, olive oil, almond oil, butter, daging sapi , ayam , ikan semua  perlengkapan bahan makanan belinya di ranch market atau food hall bauahhahha anjir kalo inget masa itu

” BELAGU AMAAT GUEEEEE” hahhaha

“DUH EMAK EMAK CONGKAKK MAKANAN ANAK AJA SEMUA MAUNYA BELI DI RANCH MARKET, FOOD HALL, ORGANIKKKK ORGANIKKK ORGANEEEEKKK!!!, SEKARANG PASAR TEBET JUGA UDAH JADI!! hahah”

segala jenis bahan makanan di coba, Auro nih dulu doyan makan apa aja, “ya iyalah namaya juga bayi apa juga di telen”. semua lahap gue merasa sombong dan akhirnya anak gue kebagian GTM!! mampussssssssssss bahhahhhah!!! sotoy sih udah belaga anaknya paling doyan makan posting di sosmed.

” WAAAH AURORA HABIS MAKANNNYA, WAH AURORA SUKA MASAKAN GUE”

dscf1570

taunya bulan ke 2 KAGAK MAU MAKAN!!!! hahahahhahahhah  !! berasa di tabok bon belanjaan  udah belanja mahal mahal kagak di makan!!! ya tuhan hahah. gue ceritanya masak home made terus buat anak, kagak gue kasih tuh makan instan instan!! tanpa mikirin nanti pas keluar kota “BAGAIMANA NASIP SAYA?? APA SAYA MEMBAWA KOMPOR beserta TABUNG GAS 12kg ?? DAN PANCI DARI RUMAH ” hahhha. super drama ibu ibu nuuuubiiiii lah :)).

dscf1595

memasuki bulan ke 2 MPASI, eh eh eh kok kok kok kulitnya Aurora kering banget sih, ah gpp kali besok pake lotion juga sembuh, 2 minggu eh eh eh kok kulitnya makin kering, keringnya tuh bener bener kering retak ada garis coklat , mirip banget kaya tanah kering. di pikir pikir gue kasih makan apa ya hemmm hooo keju sepertinya, nah selanjutnya perdana nih gue kasih salmon dan keju DUAAARRRR kulitnya merah, bentol sebadan panik lah gue, auro berusaha garuk mukanya terus karena area paling parah di sekitar muka,  karena posisi lagi makan berantakan dan takut bau amis , langsung gue mandiin pakai air hangat, gue rendem. pikir gue biar menyamankan dia krn gatel gue angkat gue andukin gue kasih baju yang super nyaman. dan gak sampai 5 jam bentol itu semua mereda dan hampir hilang lah,, anjir kek di serang ulet bulu sekebon ni anak bentolnya panik banget, sampe video call sama aldy , lah dia panik juga , makin merasa bersalah kan gue jadinya.

img_2222

Besoknya gue coba lagi masak pake kacang merah, beuhhh makin keluar bentolnya, apaaaaan sih nihhhhh??? ngeri banget!!! nah pas di minggu itu gue ada jadwal konsultasi sama dokter Dwi putro di RSPI si opa ganteng nan datar :D.. gue cerita lah kalau auro keluar bentol setelah makan keju, ikan, kacang merah.

img_2221img_2950

gue: ‘ gimana ya dokter? saya harus ke dokter kulit atau dokter alergi? secara ini kulit aurora juga iritasi, ruam, kering , tapi ini ada beberapa makanan yang dia habis makan langsung bentol ?”

dokter dwi “ saya rujuk ke DR.dr.Zakiudin Munasir , Sp.A(K) di Rscm kencana ya, beliau dokter spesialis anak konsultan alergi-imunologi” dengan muka datar ( backsound gueee kriikkkk krikkk ). tp entah mengapa gue tetep cintaa OPAAA DWI hahahha

langsung gue buat janji deh di RSCM Kencana, ini perdana gue ke RSCM Kencana, kalau di RSCM kencana sih emng pasiennya gak pernah banyak paling 4 mungkin ya,  beda kalau udah ke RSPI atau RS Bunda bisa dpt antrian 15 pffftt  dan bertemu lah gue di minggu berikutnya.

waktu gue konsultasi sama dokter pertama gue bilang kulitnya kering, bersisik tebal dan gatal dan setelah makan keju, ikan salmon, kacang merah langsung bentol sebadan.

Dokter Zakiudin “ kalau dari kulit ini namanya dermatitis Atopi atau eksim. penyebabnya salah satunya bisa karena alergi makanan.”

img_2951

BACA SELENGKAPNYA TTG DERMATITIS ATOPI [ KLIK DISINI ]

gue ” apa bahaya dok?”

dokter ” menggangu kualitas hidup anak, misalnya ya gatal jadi sulit tidur , dan jadinya gak nyaman kan, menurunkan kualitas tidur dan kemampuan berkembang ya ttp harus di tangani “

gue ” untuk bentol habis makan apa itu alergi?”

Dokter ” kalau untuk itu saya sarankan untuk test alergi, untuk memastikan makanan apa saja yang anak ibu harus hindari dulu, test alergi dengan pengambilan sample darah 2 tabung aja kok. jadi saya buat rujukan untuk pemerikasaan hematolgi rutin, dan panel IgE spesifik 52 jenis”

okay kita cari SIAPA BIANG KEROKNYA NIH?? langsung dapet surat rujukan, kan gue kira langsung ambil darah di RSCM juga, ternyata harus di Laboratorium Klinik PRAMITA – Matraman, gak jauh sih dari RSCM cuma ya kan males aja harus pindah tempat lg, dan kata dokter klinik Pramita test alerginya lumayan lengkap dari test beberapa jenis makanan, binatang, debu bayangin aja sampe ada kecoa Jerman masuk list jenis alergi, haha mon maap jauh aje tuh kecoa maennya.

Aurora itu pas teakhir ambil darah kan waktu MRI ya tau kan dramanya kek apa sampe gue nangis krn susah banget, nah pas mau ambil darah untuk test alergi gue juga udah gemeteran, minumin yang banyak, terus gue bedong pegang kuat sama mba asih, pas tusuk jarum EH DOI CHILL AJA ahahahah asyem , udah kelar hasilnya dapat di ambil 3 hari.

Dan langsung gue buat janji lagi sama dokter Zakiudin,

dokter “ ini yang tanda merah harus di hindari dulu, kurang lebih sampai umurnya 1 tahun, mungkin setelah itu bisa di berikan lagi perlahan apa masih alergi atau tidak “

img_0901

hasil test lab, alergi paling tinggi Aurora adalah Kacang kacangan, ( kacang merah dan kacang tanah ), Susu sapi , keju, Debu/ udara kotor, susu kambing, )

Alhamdulillah sejauh ini alergi aurora termasuk yang Ringan, hanya di kulit saja reaksinya, yang bahaya itu jika reaksi alergi berat , bisa sampai sesak napas, atau saluran pencernaan seperti mual sampai muntah, itu harus di tindak lanjuti sih penangannya dengan obat.

Nah kalau Aurora dapat bekal apa aja nih setelah hasil lab keluar dari dokter??

  1. Ganti sabun mandi, yang jelas gak boleh yang busa nya banyak, waktu itu di sarankan Cetaphile. 2 tahun lalu cetaphil gentle skin clenser ini lumayan langka DOLOOOO tahun 2016, gue nyari sampe ke semua apotik , atau gurdian ke mall mall gak ada, bisanya PO Singapore di online shop dan gue kan gak sabaran ya pengennya cepet hahah, eh pas gue ngeshare di group @buibuksocmed ttg kasus aurora, alhamdulilah ibu Rahne punya 1L cetaphil dan di kasih cuma cuma buat aurora, rezekinyaaa πŸ™‚
  2. dapet lotion ATOPCLAIR duh ini lotion kampretos sih ini mahalnya hahah,
  3. dapet salep untuk kulitnya juga namanya lupa haha
  4. dan hindari makanan yang menjadi pencetus alergi.
  5. panggil jasa vacum kasur  untuk bersihin tungau dan debu di kasur dan bantal dan rajin rajin bersihin ruangan karena kamar kita itu depan depanan sama jalan raya, jadi debu itu gampang banget masuk, hindari karpet di rumah.

SU DAH KU LAKUKA SMUA!!! alhamdulillah kulit aurora jauh lebih baik, nah auro ini kalau ada acara di rumah dan harus buka karpet KELARRRRRR gak ada 10 menit langsung batuk batuk, kayaknya alergi auro nurun dari gue hahahah ya kecil dulu gue alergi seafood dan debu, sampai sekarang kalau debu sih bisa nyesek kalau bahasa emak gue dulu namanya “BENGEK” dan kalau seafood gue pelan pelan coba udah aman gak gatel lagi asal bersih aja tuh bagian cuci ikan atau udangnya dan teman temannya.

nah setelah semuanya udah gue lakukan, 5 bulan kemudian kan gue kasih Ice cream ya gak ada secuil juga masuk itu mulut auro langsung bentol bentol gak banyak sih , ((( ya untung aja gak banyak kasih ice creamnya, mana lagi di mall hahah )) oh dari situ gue bilang ” hmmm belum kelar lah ni per alergian ya padahal udah 1 tahun umurnya” saat aurora di nyatakan gizi buruk dan gue harus cari susu yang cocok, gue sama Dokter Dwi di suruh cobain ada kali 7  jenis susu bayi hypoallergenic.

img_5157

susu hypoallergenic ada 3 macam setau gue ( CMIIW ), ada Susu formula hidrolisat ekstensif, Formula asam amino nah ini paling dasyat mahalnya hahahah, dan Formula kedelai (soya). paling aman di Aurora itu susu soya gak buat dia mencri mencri, cuma peer gue kan waktu itu gimanaa caranya bisa masuk susu banyak, secara auro susah DOT, dan jadilah gue pake sendok. ada deh 4 bulan gue pake susu Soya, tapi karena pakai sendok, NGERTIIII KAAAANNNNNN yang keluar lebih banyak dari pada yang masuk perut hahhaha,, zabarrr zabarr bunda ini ujian!!! setelah itu baru deh gue ke Dokter Gizi Anak Dokter klara.

dan setelah umur dia 2 tahun gue kenalin lagi semua bahan makanan yang menjadi pencetus alergi aurora, hasilnya AMANNN!!! gak aman aman banget sihh ada beberapa yang masih bentol contohnya keju chedar auro masih gak bisa,  ice cream , masih belum bisa . nah karena sekarang susu tinggi kalori aurora sudah harus di kurangi bahkan di ganti, pengen cobain susu UHT nih tp deg degan karena kalau gak cocok bisa mencri, diare, atau kontipasi lageeeeeeee.. jadi mau coba sesendok dl deh bismilah semoga aman hahahha.

img_9078
ini foto terbaru, ini muncul setiap auro makan udang dan keju

Jadi buibuk Alergi pada anak itu harus tau langkah-langkahnya pertama diagnosis dini, panik? pasti lah tp lebih baik cari penanganan yang tepat dari dokter kalau bisa ke specialis alergi, hingga tambahan nutrisi pengganti untuk anak sangat penting agar ia dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Jadi begitu perjalanan alergi Aurora seruuu yaaa punya anak haaha adeee ajeeeee bikin deg degan emaknya.

Buat kalian yg ingin test alergi pada anak kalian bisa klik link di bawah ini . Semoga membantu

TEST ALERGI SUSU SAPI

 

see you next post, selanjutnya gue bahas tentang perjalanan gue bertemu Prof Hardiono, dan apa nih diagnosa yang terbaru??? sabar ya lagi w racik tulisannya πŸ™‚

 

 

makasih sudah membaca!!

 

 

 

 

 

 

18 thoughts on “ALERGI AURORA, SIAPA YANG JADI PENCETUSNYA?

  1. Jadi inget anakku amih. Dr usia sebulanan mulau tu muncul ruam2 merah. Dgn sotoy aku lgsg ngeh anakku dermatitis atopik. Smpe sekarang masihhh. Mulai dr dokter anak smpe dr kulit ttp aja gk mempan. Akhirny test alergi Bio-e dari 66items test 44ny anakku alergi. WHAT?? MAMAK MAKAN APA DONG??! Lgsg mikir gtu. Aku hindarin semua pantangan anakku. Eh kualitas asi malah drop. Pas mpasi aku cobain deh bbrp yg alergi kyk ayam & telur. Alhamdulillah gpp sih. Mungkin dikonsumsi dlm batas wajar masih bs. Trus ada 1hari aku kasi anakku salmon. Nah siangny mulai merah2. Ak feeling gk bisa ni. Trus soreny aku kasi pisang. Nah besok paginy dr kepala smpe ujung kaki merah bentol parah gk ad ruang lagi. Semua merah. Stelah dicheck ulang pemicu tertinggi anakku salmon, pisang. Terus ada aja lagi pke alergi segala daging, ayam, wortel, kentang, alpukat, semangka. Aduhhh pusinggg. Smoga bisa cpt netral alerginya. Sehat terus kakak ulo

    Like

  2. Mommy auroo, mau tanya dong.. cek lab lengkap buat alergi itu di pramita abis berapa yah? saya juga ada rencana tes alergi buat si kecil.
    Thx mom.
    oia, ditunggu next post nya yah mom.. ngikutin terus perjalanan auro nih dari dulu belom punya anak. hhehe

    Like

  3. Ituuu Cetaphilnya beneran yg gentle cleanser kah?Bukan sabun ya?
    Sama salepnya apa ya amih?Pleaseee niii anak beneran parah bgt alerginya lagi merah2…
    Makasihhh Amihhhh inponyaaaaπŸ™πŸ™

    Like

  4. Anakku juga alergi.. ketauan pas mulai Mpasi.. ruam didada.. kirain karena minyak telonnya kebanyakan.. tp cuma sebesar koin 1000an.. gak nyebar kemana2.. jd gak kepikiran kalo alergi.. sampai akhirnya sekitar 2mingguan ni anak kok tiap makan mual sm muntah.. dan berat badan turun drastis.. dirontgen, test darah, ugs lambung semuanya bagus.. curiga nya TBC tp negative.. akhirnya dpt dokter yg cocok dr. Widodo di menteng spesialis alergi anak.. dr situ ketauan kalo anakku alergi dan yg kena pencernaannya.. anakku gak pake test darah untuk menentukan jenis alerginya sih.. tp dikasih selembar kertas untuk makanan yg boleh dan yg beresiko memicu alergi.. alhamdulillah membaik dan tanpa obat apapun..
    IMHO kalo anak udh ada ruam2 pasti itu alergi dan hrs segera ditangani, jgn sampe kayak anakku sampai nyerang ke pencernannya..

    Sorru kepanjangan πŸ€—

    Like

    1. Sama persis ka kayak ponakan ku, di dr. Widodo jugaa, beliau praktik di bunda juga, dan pasti selembarannya sama juga ya ka hahaha, ponakanku tp tinggal di saudi skrng, suka bandel makan makan yg ga boleh alhasil selalu konstipasi tapi ruam udah ga timbul

      Like

      1. Iya selembaran tapi pantangannya MashaAllah banyak banget.. kalau anakku Alhamdulillah sudah mulai berkurang bahkan sudah hilang sama sekali.. menurut dr widodo memang ada sembuh sendiri atau terus sampai tua.. mudah2an ponakan mba segera hilang ya alergi nya.. karena capek lho mantang2 makanan apalagi untuk anak2 yg lagi doyan coba2 makanan.

        Like

  5. Sama kyk anakku mom, alergian susunya hrus soya tp bingung susu soya yang bisa buat berat badan anak naik apa. Kasian karna alergi susu sapi jdi sperti berat bdnnya susah naik.

    Like

  6. Sama kyk anakku mom, alergian susunya hrus soya tp bingung susu soya yang bisa buat berat badan anak naik apa. Kasian karna alergi susu sapi jdi sperti berat bdnnya susah naik.

    Like

  7. Anakku jg didiagnosa alergi sama DSA. Dirujuk utk tes alergi. Tp blm tes krna terhalang biaya 😭😭😭 tiap obatnya abis pasti ruam merah di badannya nongol LG. Kasian bgt. Infonya dong mom dokter ahli alergi anak disekitar Bintaro Jakarta Selatan….

    Like

  8. Aku sampai umur 22th pun masih eksim, karna bakat alergi yg gak bisa disembuhkan, hanya bisa dihindari pemicunya, yg parah sih dimuka, gk bisa salah sedikit pasti kering, gatal, mengelupas, frustasi bgt gak tau harus ngapain, nanti sembuh mulus paling seminggu nanti balik lagi capek benerr benerr capek banget punya eksim

    Like

    1. Hi kak, klo blh aku mau sranin k3 liat ignya kak @gitasav. Soalnya dia eksim jg dan dia share prjlanan dia ngobatinnya. Slh stu nya dg jus seledri. Utk Lengkap nya k3 lgsg cek di story nya deh kk. Smoga bermanfaat & tetap smangat ya kk 😊

      Like

  9. Kaaa aku juga usia 20 th punya alergi dari kecil, dan satu keluarga begitu. Tapi aku beda beda symptomnya kadang kemerahan, kadang bentol kayak buah anggur, kadang putih putih, tapi satu hal SELALU KERING DAN GATEL BANGET. Dan tiap ke dokter selalu diagnosisnya EKSIIIM hahaha, tapi daripada makanan pemicu terbesarku itu stress dan udara dingin. Yang dr Dwi bilang ke ka Monda bener banget, ngurangin kualitas hidup atau apa ya td bilangnya, aku selalu garuk garuk gitu dan parahnya selalu gatel di bagian tubuh bukan di muka, kan susah ya garuk garuk di bagian tubuh ditempat umum di kata freak banget ni org hahaha lel, jd aku selalu ke toilet cuman buat garuk garuk 😦 tp ga selalu muncul kok symptom ini, yang sulitnya dari eksim kalo diderita wanita itu, keringnya ga ilang, bekas garukan yg ampe luka juga susah bgt ilang, aku kalo kambuh selalu ke dr Djadaru di hermina jatinegara, beliau bilang ngilangin bekasnya akan susah karena akan muncul terus eksimnya -_- hahaha sekian cerita ku, btw semoga sehat selalu dan terus bahagia ka Mon dan si bocah lucu Auro dan btw aku anak tebet juga loh hahaha

    Like

    1. Sy pengalaman anak ke 2 umur 8 bulan alergi telor, Gara2 emaknya kepedean anak pertama ga alergi telor jadi pas anak ke 2 dengan pedenya langsung kasih telor ke anak langsung kuning dan putihnya.. Jadinya bentol2 merah seluruh badan sm muntah langsung setelah makan telor. Sy kasih air kelapa hijau Alhamdulillah alerginya perlahan hilang dihari yg sama. Anakku ga makan telor lagi sammpe umur 1 thn.. Setelah 1thn dicobain lg Alhamdulillah udh ga alergi lg mom.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s