My Journey With Iron Deficiency

Hulaaa hulaa…….

kali ini gue gak cerita tentang Aurora dl ya, ternyata gue punya cerita sendiri tentang penyakit gue yang belum tuntas huhu. yaaa si HB  yang  sekarang mulai membaik . dan ternyata banyak juga yang sharing di Instagram gue tentang si defisiensi Besi ini. [ KLIK DISINI]

cerita anemia gue awal mei 2018, awalnya badan gue meriang tp cek suhu tubuh biasa aja sih 37,5° tp badan ngilu-ngilu gitu kan ya, minum obat paracetamol ya naik turun aja demamnya 37,5° sampai 39° . 3 hari gitu gitu aja badan gue, tumben bener-bener drop bgt sampai gendong Auro saja gak bisa.

Ke IGD lah gue, paling engga test darah deh takut DBD, typhoid. Setelah test General Hematology selama 3 jam  langsung di kasih tau Dokter IGD hasilnya

Hasilnya Hemoglobine gue 6 yg normalnya 12 , Ferritin, 1 Protein dan Kalsium semuanya ada tanda (*) nya ( LOW ) semua. 

Akhirnya harus dirawat dan transfusi darah . Hampir 5 hari di rawat sampai hari ke 2 panas gue  39° gak turun turun. 

Di cari cari penyebabnya emang sih gue keturunan darah rendah dr nyokap, tp kenapa 2 tahun terakhir ini goongnya. Gue baru sadar kl setiap gue haid selalu pusing. Akhirnya dokter gue curiga krn volume darah saat mens gue yg keluar terlalu banyak, 

Dokter Ronald “ Siklus haid kamu gmn?”

Gue “ lancar jadwal nya sesuai , setiap bulan pasti “

Dokter “ pakai KB Apa?“

Gue “ Spiral dok !! “

Dokter “ saya panggil obgyn kamu ya kita diskusi ttg spiral kamu “ 

Akhirnya hari ke 3 dokter Aswin obgyn kesayangan gue dateng , sumpah kangen bgt hahaha habis lahiran Aurora udh gak pernah ketemu lg. 

Dokter Aswin “ kamu ini dr hamil juga HB Nya sudah rendah cuma 6”

Gue “ iya dok, saya udh bilang juga ke dokter Ronald “ 

Dokter “ memang beberapa Wanita Yg pasang Spiral itu mensnya lbh banyak. Kamu mau lepas aja? “

Gue “ YAH JANGAN DOK!! Menurut ku ini KB yg paling cocok di saya “ 

Dokter “ ya sudah saya cek posisi Spiralnya sambil saya cek, ada miom gak di rahim, krn itu juga bs buat HB rendah “ 

Setelah USG dan Transvaginal semua di cek aman aman aja bersih gak ada miom, kista dll posisi spiral juga mantep pada tempatnya.

Setelah diskusi bertiga dokter aswin, dokter Ronald dan gue . Akhirnya gue gak lepas spiral dengan catatan makan gue baik sesuai menu diet yg di sarankan, obat gue gak boleh lepas, saat mens pun porsi makan gue harus lbh banyak untuk mengganti darah yg keluar. Jadi intinya gpp ya pake spiral emang beberapa wanita haidnya lebih banyak, asalkan pola makannya di perbaiki, suplement penambah darah dan zat besi di banyakin dan paling penting ISTRAHAT SIHHH!!! ya semoga aja tahun 2020 bisa copot spiral ahey hahahhaha diskusi lagi sama aldy deh ahey 

Setelah di rawat  dan boleh pulang obat gue cuma Suplement zat Besi Maltofer , makan yg baik pesan setiap hari harus ada; 

  • Hati ayam, hati sapi
  • Daging merah
  • Jus beet
  • Sayur ( paling mentok gue cuma bs makan bayam hahahha ini diaaaa ini diaa yang susah )
  • Buah buahan yang tinggi vitamin c

Yaa setelah gue di rawat tahun 2018 berasa sudah  seger lagi gue santai lg 🙃makan seenaknya kadang makan kadang lupa hahah. nah tahun ini 21 November 2019 DAAAANN keulang lg HB gue drop, Kali ini gak berasa tau tau mual, pusing, kliyengan, kepala gue berasa  muter- muter, hampir pingsan 3 hari sebelumnya tp ttp aktivitas seperti biasa SUMPAH GAK BERASA APA APA ,tapi emang kata dokter kalau emang loe udah anemia loe gak akan sadar kalau HB loe rendah. masih ttp nyetir sendiri buat ketemu ke drRonald A. Hukom, SpPD, KHOM. Penyakit Dalam (Konsultan Hematologi Onkologi Medik)

Dokter Ronald “ HB Km kemungkinan turun lg, cek darah ya” 

setelah test Hemoglobine gue 7 yg normalnya 12 , Ferritin 2. 

” BAIK BUUUKK IBUK HARUS TRANSFUSI DARAH LAGI!! “

lah apaan nih tau tau suruh rawat inap lagi belum persiapan apa apa hahhaha

Gue “ yaa, intinya gini dok bulan December saya mau umroh dok, saya gak mau disana saya menyusahkan orng lain. tau tau saya pingsan kan ” 

Dokter “ HB kamu harus 12 biar kuat, dimana ini terakhir km ketemu saya HB kamu paling tinggi 9 “

gue” dok apa ini ada kaitannya dengan saya olahraga? karena saya baru 5 bulan ini gym ”

dokter ” hmm olahraga sih gpp, tapi kamu GYM berat gak gerakannya? karena HB di bawah 10 jangan dulu deh, dan peringatan buat kamu ya, kalau kamu mau mau hamil lagi minimal HB kamu 11 ya”

gue ” oh iya dok Sejauh ini masih diagnosa Anemia defisiensi zat Besi,  kalau diagnosa lain thalassemia minor?? “

dokter ” oh bukan , kalau Thalassemia minor Feritine kamu itu malah di atas rata rata, kamu kan rendah banget”

gue “okay dok 🙂 , baik dok  besok saya balik lagi untuk transfusi darah ya dok, biar saya siap siap dulu.”

okay 3 hari gue di rawat inap untuk masuk 3 kantong darah dan tambahan tranfusi Venover untuk zat besinya. setelah 3 hari di cek HB gue naik dari 7 menjadi 9. alhamdulillah ya kannn.. lagi lagi Maltofer gue di tambah 3x sehari dan setelah 2 minggu gue cek lagi HB gue nih

18 December gue  test General Hematology setelah habis tranfusi mau di lihat selama 2 minggu bagaimana HB gue dengan pola makan gue. jadi sebelum ketemu dokter yang selalu dapet malem terus huhuh gue test darah yang hailnya bisa di ambil 6 jam kemudian. BHAIKK LAH SEHARIAN DI RS deh.. 

hasilnya  Hemoglobine 11,5 Yeiyyy normalnya 11.7-15,5. Anemia  test Serum Iron 31 normalnya 50-170 , Ferritin 19 normalnya 10-291 yaaaa sekarang zat besinya yang masih LOW.

pas ketemu dokter Ronald pas baca hasil

gue ” dok 2 minggu ini kok saya ngerasa cape gitu ya, gak bisa jalan lama lama pokoknya lemes gitu dok”

Dokter “HB nya sudah bagus nih, 11,7 tapi  Besinya kok naiknya lambat banget ya , ini yang bikin kamu lemes karena besinya masih rendah. kadar besi di dalam darah masuk di pake untuk bentuk sel darah, padahal kamu maltofer sudah 3x sehari ya. Maltofer sudah 2 botol waktu rawat kemarin loh”

” okay jadi obatnya di terusin aja buat naikin besi dulu, kalau HB kamu sudah baik, sekarang di jaga aja jangan terlalu banyak aktivitas yang terlalu berat. ”

gue ” dok kalau thalassemia minor apa perbedannya?”

dokter ” beda sih kalau thalasemia HB nya cenderung rendah dan selnya kecil kecil seperti orang kurang zat besi tapi kalau thalassemia bedanya Besinya malah tinggi sekali, karena sel darahnya mudah pecah jadi yang pecah itu keluar zat besi hingga akhirnya zat besi di peredaran lebih tinggi bisa menjadi 1000 atau bisa 2000.”

” jadi Treatmentnya apa aja dok buat saya ”

“ya lanjutkan obatnya untuk zat besi lalu makanannya DAGING, HATI, SAYURAN HIJAU dan VITAMIN C dr buah seperti jeruk , buah beet untuk penyerapan zat besi”

“oh iya dok kan anak saya special need apa ada hubungannya dengan HB 6 waktu hamil?”

dokter “HB rendah pada kehamilan pasti mempengaruhi sedikit banyak pada bayi yang di kandung ya, waktu hb 6 apa tidak ada transfusi darah? krn kalau HB kita kurang karena sel darah merah itu kan mengangkut oksigen sama makanan keseluruh tubuh termasuk ke bayinya, jadi kalau HB nya rendah pasti bayinya tidak dapat makanan dan oksigen. harusnya sih transfusi ya atau perbaikan menu makanan banyak yaa tadi daging merah, hati ayam sayuran”

gue ” nah aku gak transfusi dok dan gak cek HB lagi waktu itu”

dokter ” ya kalau mau hamil lagi benerin lagi ya HB nya minimal 11 ya”

dan tanggal 25 December 2019  sampai gue balik tanggal 6 January 2020, untuk ibadah umroh dan lanjut ke Turki, ALHAMDULILLAH BANGET!!! Padahal gue menstruasi itu 3 hari disana super buanyaaak bgt!! Pokoknya gua makan yang banyak suplement tambah darah juga gak lepas selama disana !! gak ada lemes sama sekali, gak ada pusing sama sekali bener bener sehat sampai balik ke tanah air. untungnya gue di kasih sinyal dulu ya h- 2 minggu gue di kasih sakit biar bisa di perbaikin dulu sebelum berangkat , biar di lancarkan ibadanya.. Masyallah

thank you  sudah membaca,, see you

 

 

6 thoughts on “My Journey With Iron Deficiency

  1. HB ku pun suka rendah, sekitar 8-9 gitu. Berkali-kali mencoba donor darah ditolak krn HB rendah. Nah, sekarang aku minum vitamin prenatal, utk tambahan zat besi-nya. Alhamdulillah membaik. Bukan, bukan siap2 hamil, cuma butuh tambahan zat besi, vit. C dan vitamin B yg keduanya ada dlm suplemen tsb. Pernah mencoba?

    Like

  2. aku jg setiap hmil rendah,, hamil pertama nggak pernah cek hb, krn nggak ngerti n nggak pernah d sruh.. malam sebelum lahirab cek hb, ternyata hb nya 8,5, kolesterol 400 dan hrus trnsfusi.. dan ank q cmn 2 hari di dunia…hamil ke 2 keguguran, n hamil ke 3 hb balik rendah lagi, bulan prtama 11, trus turun jdi 10, 9.. nah dstu q konsen bged soal hb.. apa ja d makan biar naikin hb, tp mentok jg 9,8 pas lahiran sc.. tp nggak trnsfusi.. smpe skrg ank mau 2 th blom prnh cek hb lagi😭

    Like

  3. Ka kalau masalah hb rendah kaya gini tuh kita konsulnya ke dokter spesialis apa ya?dokter penyakit dalam kah?
    Soalnya hb aku jg sm rendah apalagi kalau lg hamil hb nya bisa drop

    Like

  4. I think you should ask your doctor to check if you have any thalassaemia or not, krn itu terjadi di aku. Awalnya kira hanya iron deficiency biasa, ternyata ada faktor thalassaemia yg dokter pun often mistaken sama iron deficiency biasa. Btw sejak ketauan kalo ternyata ada faktor thal, aku jd ga stop maltofer nya, 3x sehari setiap hari ga boleh bolong. Semangat!!!

    Like

    1. tambahan: mungkin bs cari 2nd opinion, krn memang bbrp dokter akan state garis keras “iron deficiency bukan thal”, tp pada kenyataannya it happens. Ohya, kalo boleh saran, ini penting dan aku baru sadar setelah dokterku bilang, jadi saat konsumsi maltofer, kalo kita minum susu (susu jenis apapun / minuman mengandung susu jg termasuk), harus dijeda 3 jam sebelum / sesudah. Kdg ga sadar, tapi ngefek. Vit C juga harus diperhatiin intake nya. Aku dikasih vitacimin 1/4 tablet setiap harinya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s