Cegah Stunting pada Anak Untuk Masa Depan INDONESIA Yang Lebih Baik

Kali ini aku mau sharing tentang STUNTING pada anak ! gak berat kok pembahasan nya, kita bahas santai aja sambil ngemil Shilin beb :D, kenapa aku tertarik dengan STUNTING DAN MALNUTRISI. “Karena anak gue mengalami gizi buruk saat umur 1 tahun “ kalian bisa baca Blog sebelummya [ KLIK DISINI ]. Perihh banget hati saat tau anak gizi buruk , kek “ BODOH BANGET SIH EMAKNYA” iya bisa di bilang aku kecolongan dan kurang ilmu, jadi aku gak mau terulang lagi di anak ku selanjutnya dan di lingkungan sekitar ku, mungkin yang baca blog ini bisa sedikit dapet pelajaran berharga dari pengalaman aku.

img_3916

Setelah aku datang ke event Nutrisi banga mengambil issue tentang GLOBAL CRISIS OF MALNUTRINITION IN CHILDREN pada tanggal 14 September 2018 bertempat di The Westin, Jakarta.  Tahukah kalian bahwa INDONESIA berada di peringkat ke 5 Negara dengan angka stunting tertinggi di dunia WOWW jadi 1 dari 3 anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting, hal ini merupakan salah satu krisis permasalah malnutrisi yang harus di tangani dengan serius karena mempengarungi kualitas hidup anak dan kondisi bangsa.

img_3842-1

source : google

Stunting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang ternyata lebih pendek di banding badan orang lain pada umumnya atau  seusianya,  perawakan tubuh pendek karena masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai, Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan kesehatan anak tidak dapat dipisahkan dari kesehatan seorang Ibu sendiri,  Stunting dapat terjadi bila calon ibu mengalami anemia dan kekurangan gizi. Calon ibu yang kekurangan berat badan atau anemia selama masa kehamilan akan mungkin memiliki anak stunting, dan baru nampak saat anak berusia dua tahun.

concern-Stunting-Cycle-1180x1180

source : google

Sebelum terjadi Stunting mari kita bahas malnutrisi dulu ya, Malnutrisi dapat membuat anak sulit tumbuh, karena si anak tidak mengkonsumsi nutrisi secara seimbang, malnutrisi adalah istilah status gizi kelebihan ( overweight ) atau kekurangan ( Underweight ) , Malnutrisi pada  anak-anak  akan sangat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangannya,

Faltering growth, ( gagal tumbuh )  kondisi di mana anak mengalami keterlambatan pertumbuhan fisik tubuhnya sehingga perkembangannya menjadi abnormal.

img_4322-3
grafik pertumbuhan aurora 0-8 bulan

Nah jika grafik anak kalian sudah mulai berada di posisi ini jangan diabaikan ya, ini grafik pertumbuhan Aurora bisa dilihat ya titik semua berada di bawah garis, dan parahnya aku sudah membiarkannya selama 7 bulan dan baru aku perbaikin di umur 12 bulan Alhamdulillah belum terlambat, huhuh  ini contoh anak gagal tumbuh dengan kalalaian orang tua walaupun keadaan ekonomi baik tapi aku kurang edukasi. ada juga yang gagal tumbuh karena faktor ekonomi contohnya tidak mampu memberikan makanan yang bergizi untuk anaknya dll.

Kenali Gejala Gangguan Gagal Tumbuh Anak

Orang tua harus selalu memantau perkembangan anak

  1. anak berbadan pendek dari anak seusianya

cara mengetahuinya dengan rutin mengukur panjang atau tinggi badan anak

  • Posisi berbaring usia < 2 tahun
  • Posisi berdiri di atas > 2 tahun

Plot pada grafik pertumbuhan PB / TB menurut USIA dan JENIS KELAMIN

  • PU/U < -2 Zscore disebut Stunted
  • PB/U > -3 ZScore di sebut Severe Stunted
  1. Berat badan tidak naik atau cenderung turun
  2. pertumbuhan tulang tertunda
  3. mudah terkena penyakit infeksi

Kondisi Stunting pada anak sudah tidak bisa di tangani lagi jika anak tersebut sudah memasuki usia DUA TAHUN, SEREM BANGET KAN !!!! makanya ibu ibu dan calon ibu untuk mencegah terjadinya stunting pada anak harus mengkonsumsi asupan gizi yang baik, terutama selama masa kehamilan hingga anak lahir karena anak masih mengandalkan ASI.

Balita stunting , selain mengalami ganggan pertumbuhan juga berdampak memiliki kecerdasan lebih rendah dai anak balita normal dan lebih mudah menderita pengakit menular.

Apakah semua anak yang berperawakan pendek di sebut stunting? TIDAK

Seorang anak di klarifikasikan sebagai

  1. Perawakan pendek, jika Panjang badan atau tinggi badan menurut umur dan jenis kelamin di bawah Z score -2 WHO GROWTH Standard
  2. perawakan sangat pendek jika Panjang badan atau tinggi badan menurut umur dan jenis kelamin berada di bawah Zscore -3 WHO growth standard
  3. Stunting jika perawakan pendek disebabkan oleh kondisi kesehatan, atau nutrisi yang suboptimal

(source :  WHO conceptual frame work 2013 )

img_3874-1

Stunting harus di bedakan dengan penyebab perawakannya pendek ( short stature )  oleh dokter specialis anak yang untuk menentukan anak tersebut stunting atau kelaian genetic atau sebab lainnya dan di lakukan  tatalaksana kedepannya, penyebab Pertumbuhan pendek tersebut dapat di sebabkan oleh masalah genetik, hormonal, nutrisi, penyakit kronis, dan faktor lingkungan lainnya. Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan periode kritis terjadinya gangguan pertumbuhan, termasuk perawakan pendek dan stunting, jadi Perawakan pendek bukan berarti stunting.

Contohnya pada kasus Achondroplasia adalah gangguan pertumbuhan tulang yang ditandai dengan tubuh kerdil dan tidak proporsional. penyebabnya adalah mutase genetic ( kelainan genetic ), saat ini belum ada obat atau metode pengobatan untuk achondroplasia tetapi bisa di lakukan terapi bedah tekhnik memanjangkan tungkai dapat mengingkatkan Panjang tungkai15 – 30cm, ada lagi dengan terapi sulib enzim, atau sulih hormon.

proxy
Achondroplasia

Efek jangka panjang untuk anak stunting

Resiko yang terjadi pada anak stunting adalah otak yang kurang berkembang, kapasitas belajar berkurang , minimnya prestasi di sekolah, akan kesulitan mendapatkan pekerjaan ketika dewasa, hingga peningkatan resiko kronis terkait gizi seperti hipertensi, obesitan dll

Jika anak pernah stunting dan telat di perbaiki dalam jangka waktunya singkat, yang fatal akan terjadi penurunan kognitif atau kecerdasan, aku di berikan contoh nih misalnya IQ ( Intelligence quotient ) seorang anak rendah karena stunting score IQ nya 90  bisa di naikan sampai  110 dengan catatan orang tua memaksimalkan aktivitas dan latihan juga nutrisi untuk otaknya, padahal sebelumnya tuhan memberikan score IQ anak tersebut dengan score 130, kita tidak bisa membalikan lagi ke nilai 130 tapi hanya maksimal di 110 saja.  Jadi  di bawah 2 tahun kita harus kejar nutrisi untuk otaknya dan di atas 2 tahun harus di usahakan yang di kejar lagi bukan tinggi badannya tetapi kognitifnya, agar kedepannya anak tersebut bisa mudah menerima pelajaran di sekolah dan di harapkan dewasa akan mandiri untuk mencari pekerjaan.

img_3870-1

Sudah pernah dilakukan penelitain bahwa jika seorang anak pernah mengalamai gizi buruk pada masa bayi itu maka IQ di umur 40 thn itu 65% di bawah 90, 25% di bawah 70 artinya sudah RETARDASI MENTAL, mental retradasi adalah fungsi intelektual di bawah rata-rata dan rendahnya kemampuan untuk menyesuaikan diri.

Brains Clipart Brain Thinking - Pencil And In Color Brains Clipart with regard to Thinking Brain Clipart For Kids

Jadi stunting itu tumbuh pendek karena kurang makan, jadi jika salah atau kurang memberikan makan pada bayi di bawah 1 tahun . pada masa golden age perkembangan bayi, 50% di pakai untuk pertumbuhan otak, jika makanan sedikit pertumbuhan otak juga sedikti, itulah yang kita takutkan dari Stunting adalah bukan dari perawakan pendeknya tetapi kecerdasan otaknya.

Mencegah Stunting

Waktu terbaik untuk mencegah stunting adalah saat kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan seseorang. Menurut Menurut Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp. A(K), spesialis anak, konsultan nutrisi dan penyakit metabolik menjelaskan bahwa,

  1. Saat kehamilan, pada ibu hamil memperbaiki gizi dan kesehatan ibu hamil, dengan memakan makanan yang bergizi dengan jumlah yang cukup, dan mengkonsumsi pil penambah darah.
  2. Saat anak lahir , orang tua harus selalu memantau perkembangan anak, Stunting dpt di deteksi dini dengan cara di ukur dengan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala anak di posyandu atau rumah sakit.
  3. Bayi 0-6 bulan eksklusif di berikan Air Susu Ibu, jika beratnya tidak bertambah di bulan pertama segera memperbaiki cara memberikan asi atau latch on saat menyusui, jika belum juga naik berat badan anaknya segera cari donor ASIP dari ibu yang sehat di terpantau oleh dokter anak.
  4. Setelah anak umur 6 bulan , berikan Makanan Pendamping ASI ( MPASI ) , Pemberian MPASI yang bergizi agar tumbuh kembang bayi lebih optimal. makanan yang wajib  untuk pertumbuhan tulang dan otak adalah  adalah protein hewani dan energi yang banyak  tersedia di sekitar kita antara lain telur, daging, unggas, serta ikan. Selain protein ada juga lemak, karbohidrat dan energi, karena 85% otak anak terdiri dari lemak, berikan sayur dan buah sebagai kudapan atau snack. Dan jangan lupa pemberian tambahan zat besi. Seorang anak akan tinggi dan bertambah beratnya jika perbandingan protein dan energi. perbandingannya 10%, artinya jika anak berat badan 10 Kg,  maka di butuhkan 1000 kal, 100 nya itu harus dari protein dan proteinnya harus protein hewani yang lengkap seperti susu, ikan, daging, berarti untuk 10% dari 1000 Kal protein hewani yang di butuhkan hanya 250 gram.
  5. Dan tidak kalah penting menerapkan pola hidup bersih, terutama mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan air bersih dan mengalir, faktor sanitasi yang buruk juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan perkembangan anak, rendahnya sanitasi yang buruk dapat menyebabkan infeksi kronis, infeksi kronis contohnya seperti diare. Karena jika saat anak sakit ia akan kehilangan selera makan sehingga asupan gizi semakin rendah, pertumbuhan otak akan melambat.
  6. Seorang anak itu harus mendapatkan hormon pertumbuhan artinya anak itu harus tidur nyenyak, tidur yang cukup di malah hari, jadi artinya jam 8 malam sudah harus tidur.  Tidak tidur siang gpp yang penting malam harus nyenyak.
  7. Anak harus aktif untuk merangsang hormon pertumbuhan. maka dari itu orang tua harus sering menstimulasi anaknya agar anak aktif bergerak, Karena anak yang stunting terlihat sangat lemas, banyak melamun, tidak bergairah.

 

Bagaimana jika anak sudah di nyatakan stunting

Jika anak sudah terindikasi faltering growth ( gagal tumbuh ) maka anak harus di berikan asupan nutrisi khusus yang tinggi akan protein hewani dan kalori.

Jika sudah terjadi stunting pada anak  segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak, karena ada kriteria stunting yang berbeda beda ada yang tinggi tapi gemuk, ada yang pendek tapi kurus penangannanya juga beda beda, pendek gemuk ada kaitan dengan kelainan  endokrin, kalau kurus bagaimana asupan makanan itu semua sudah harus di analisis, dan ada tatalaksana untuk mengejar ketinggalan pertumbuhan fisik maupun konitif.

stunting bisa diperbaiki namun tidak sesempurna dengan bayi yang lahir normal,jadi memperbaikin jauh lebih sulit dari pada mencegah jadi ketika gejala stunting terlihat jangan di abaikan,

img_4321-1

Menurut Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp. A(K), spesialis anak, konsultan nutrisi dan penyakit metabolik yang memberi penjelasan pada acara nutribangsa mengatakan bahwa stunting pada anak di bawah tiga tahun atau pada 1.000 hari pertama sulit untuk diperbaiki. Namun, ada harapan bisa diperbaiki ketika masa pubertas, tergantung bagaimana orangtua memaksimalkan asupan nutrisinya.

img_3908

Selain itu terkait bahaya kondisi stunting, professor of International Nutrition, Head of MRC Internatioanl nutrition Group based at the London School of Hygiene & Tropical Medicine (LSHTM), UK, prof. Andrew prentice menyatakan bahwa “ banyak kasus malnutrisi sepertii stunting pada masa anak-anak, balita merupakan refleksi masa depan suatu bangsa, karena proses yang kompleks, pendekatan multifaktorial mulai dari ketersediaan nutrisi yang memadai , sanitasi yang baik, hingga edukasi tenaga kesehatan paling  penting di lakukan”.

img_3843-1

Prof Andrew juga menjelaskan bahwa gizi buruk  / stunting bukan selalu dari faktor tingkat ekonomi, jadi karena faktor tetapi dari pemilihan makanan dan pemberian cara makan, untuk yang berekonomi baik kesalahan jika memberikan makanan “ junk food” atau anak makan sambil menonton atau sambil main gadget, dan kurang edukasi untuk pemilihan makanan, untuk mereka yang stunting tetapi kondisi ekonominya kurang yang penting adalah edukasi yang baik untuk pemilihan makanan serta pemantauan pertumbuhan,  beliau menekankan bukan hanya ibu tetapi ayah yang berperan penting terhadap perkembangan anak,

bersama prof. Andrew prentice

“ Malnutrisi merupakan permasalahan multimediasional sehinga perlu adanya kerjasama antara Lembaga pemerintahan, tenaga kesehatan. Organisasi masyarakat, dengan adanya keterlibatan itu di harpakan dapat menurunkan prevelansi stunting di INDONESIA “ ujar dokter Damayanti dan di setujui oleh prof Prentice.

img_3901

Oleh karena itu, sebenarnya hal ini dapat dicegah dengan cara memberikan nutrisi yang maksimal saat awal-awal kehidupannya, yaitu 1.000 hari pertama kehidupan untuk Indonesia yang sehat

img_4323
grafik pertumbuhan aurora akhirnya di kejar dengan nutrisi tinggi protein dan kalori

Sudah mulai paham ya ttg Stunting, dari gejala, penyabab dan cara menanggulanginya yuk yang lupa cek lagi KMS anak kita walaupun anak kita sudah lebih dari dua tahun harus ttp di pantau ya grafiknya.

 

Terimakasih sudah membaca semoga generasi bangsa kita selanjutnya menjadi lebih baik.

 

with love,

Amih ulove

7 thoughts on “Cegah Stunting pada Anak Untuk Masa Depan INDONESIA Yang Lebih Baik

  1. makasih banyak infonya amih ulo, salam buat ulo yah, semua tulisan amih sangat bermanfaat buat sy, terutama menjadi pengingat bahwa apapun kondisinya jangan pernah berhenti bersyukur, sekali lagi terima kasih

    Like

  2. Kak anak ny sodara saya.. Udah 2thn lebih.. Tapi dia blum bisa jalan belum bisa bicara..
    Tapi tinggi badanya naik terus kya anak lainya.. Sudah di terapi juga sampe saat ini malah.. Apa itu juga termasuk gagal tumbuh ya?? Saran nya gmna ya klo iya itu stunting?

    Like

  3. Terima kasih amih untuk ilmunya, aku blm nikah tp suka baca blog amih ttg ulove
    Sehat selalu untuk ulove, amih dan poppa yaaa…

    Like

  4. 😍terimakasih amih untuk tulisannya sangat bermanfaat untuk saya yg punya anak usia 10bulan, untuk berat sih ga masalah, yg jadi masalah untuk saya di usia sekarang anak saya ga mau makan. Dia hanya konsumsi asi aja.😢😟

    Like

  5. terima kasih amih ulo,, bermanfaat banget semua tulisan2 amih.
    anak sy usia 10bulan, BB ny sesuai dgn usia ny tapi dy gk mau makan cm mau asi dan sufor.
    agak stress sih liat anak gk mau makan 😦

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s