Commit to be fit

Assalamualaikum semua 😀

Berawal dari pengalaman pribadi gue dengan suami hidup dengan pola yang salah lalu seperti kesamber gledek tiba tiba kita berdua suka olahraga dan pola makan semakin membaik. Sekarang gue mau sharing apa saja yang sudah kami lakukan, kali aja bisa bermanfaat. HAZEKKK hahaahh..

JADIII GINIIIIIII….

Sekarang kita ngomongin Healthy Life ya,

20180308_083332712143805.png

CAILEEEEE HEALTHY LIFE.. hahahahha gak gak TIDAKKK gue gak segitu sehatnya kok hahah, badan gue sama aldy juga gak keren- keren banget kok, gak six pack dan berotot juga. Tapi gue punya cerita pengalaman pribadi gue dan suami untuk menurunkan berat badan dan ini tanpa nanya dokter ya, tanpa nanya ahli gizi juga heheh jadi ini ala ala kita berdua hasil banyak browsing yeeee untuk mendapatkan informasi ttg diet dan olahraga, karena menurut gue ini diet paling ampuh di badan gue di banding diet diet yang lainnya.

Berat badan ideal manusia kan beda beda yaaaa, menurut gue berat gue 41kg dengan tinggi 154 cm sudah PAS enak ini badan di bawa-bawanya. ya tapi menurut laki gue

NAJIS LOE KREMPENG BANGET

nah balik lagi ke selera lah ya, gue gak bilang gemuk itu jeleeeeek dan kurus itu udah paling baik. tidak ya , kadang lihat sahabat gue yang gemuk malah membuat dia makin cantik dan sexy heheh, semua serba selera masing masing loh, terus gue pun juga suka type laki yang genddoottt gemash makanya dulu cinta banget sama poppa hahha tp setelah menikah dia naik berat badannya gak kira kira, ngeri penyakit nya aja sih dan kita mau nurunin berat badan dan hidup sedikit lbh sehat krn ada alasannya kok :), dan sekarang ngmngin pengalaman gue dulu ya.

april_2018-03-07-16-41-44-1601232696001.jpg

Kenapa gue mau nurunin berat badan?

Waktu hamil 9 bulan berat gue 55kg, lalu melahirkan aurora sisa 50kg, nah pas menyusui naik gak kira kira sampai 58 kg, untuk tinggi badan gue yang cuma 154 cm ini jelas itu membuat gue gak nyaman, baju sempit, celana jeans sudah pasti gak ada yang muat dan naik 2 ukuran, pake baju gak ada yang enak, jadinya beli baju terus yang gak ada habisnya, tapi itu waktu menyusui yaa wajar banget sih gue bisa makan 6x sehari belum ngemilnya, air minum aja gue bisa abis 6 liter sehari, kaya ONTAAAAAA COYYY, padahal ASI gue juga gak banyak banyak amat tapi napsu makan menggila. selepas menyusui, aurora pakai NGTube, napsu makan gue masih menggila, di dukung dengan poppa yang hobby makan juga, nah klop kan tuh gak ada duit aja kita bisa bela belain demi makan enak lah demi memuaskan si perut, jam 2 pagi kalau kita lapar bisa loh kita delivery mcdonald  dng menu 5 chicken, burger, nugget, french fries, hahahah gile kalau inget itu cuma bilang.

GAK LAGI LAGI JANGAN SAMPEEEEEEEE ULANG KEBIASAAN BURUK ITU LAGI GAKK!!”

Alasan lainnya setelah diskusi panjang sama suami, poppa nyuruh gue kurangin berat badan, tapi tunggu dulu waktu itu berat suami 110 kg ((JRRRENG)) sungguh tidak memotivasi gue untuk sadar akan diet kan ya hhahahaha.

YAILEEE kamu aja kerjaaanya makan mulu, timbangan lo naik terus nyuruh2 aku buat kurus hmmmm dimana LETAK KEADILAAAN HAHH? ahhaha ya kamu juga donk!!!

april_2018-03-08-00-03-22-5672086575027.jpg

Saat aldy mulai daftar untuk Gym gue diemin dl,
“hmmm nanti kaya dulu lagi nih daftar doank, olah raganya engga pernah atau olah raga iya makannya masih aja menggila”

eh ternyata dia serius loh, gue gak mau kalah donk ya buru buru langsung muter otak untuk nurunin berat badan gue dan Step stepnya yang gue lakukan yaitu

gue memutuskan untuk mengurangi porsi makan gue dl, jadi karena gue ada maag dari SMP ini sih di perparah lagi karena makan pedas lah, sekarang juga masih suka kambuh sih kalau gue makan mie instan, sambel berlebihan dan telat makan mulai lah asam lambung gue naik dan bisa nyeri melintir sakitnya. maka gue mulai kurangin porsi makan gue pelan pelan banget PELAAAAN BANGET.

1. NIAT

hahahah ini ya harus banget lah , niat lo harus blueddddddddh , tekad bulaaaadddddd, jangan melanggar komitmen lo yang sudah loe buat, HAZEK.

2. PUASA

Karena gue muslim gue pakai puasa Islam ya yaitu menahan diri dari segala nafsu baik makan, minum dan nafsu lain yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. gue gak sereligius itu kok sampe puasa senin kamis heheh , TAPI cara gue nahan napsu makan gue ya pakai puasa. Pertama kali berat badan gue drastis turun itu waktu bulan Ramadhan tahun 2017, gue bisa turun 5kg dalam sebulan, tanpa olah raga, krn gue gak sanggup jogging saat Ramadhan. nah setelah bulan Ramadhan selesai badan gue udh pas nih 46kg lah lalu gue mulai dengan rutin puasa senin dan kamis untuk ttp menjaga napsu makan aja. kadang kalau weekend tuh gue sama poppa makan kaya hari terakhir hidup lah segala macam makanan di sikat, bahkan gue sama aldy hobby makan shabu shabu seperti shabugin kita berdua bisa ngabisin daging 30 plates berdua.  gak pakai nasi tapi udon sepiring hahah sama aja. mau meledak sih perut nahh kalau sudah kenyang gak terarah gitu biasanya gue mengistirahatkan kerja lambung gue di hari senin dan kamis dengan sahur hanya buah buahan. jadi gak merasa bersalah banget lah makan banyak, daaaaan surprisenya maag gue pun jarang kumat setelah gue puasa senin kamis.

Cara sahur dan berbuka puasa gue

Sahur antara jam 22:00 – 24:00, cuma buah saja misalnya 1 buah mangga ukuran besar, atau 1 buah alpukat, atau 1 buah apel ukuran besar dan air putih 1 liter bertahap minumnya. kenapa jam 12 malam? karena gue bergadang untuk kasih susu aurora jadi jam 3 subuh itu gue males bangun untuk sahur, gue bangun jam 5 dan sudah adzan. Kalau kalian ada waktu silahkan sahur di jam 4 ya.

Buka puasa makan nasi ½ porsi dr ukuran normal kalau gue cuma 3 sendok makan nasi, lauk boleh banyak misal 2 potong ayam, sapi , ikan , sayur lah kalau kalian doyan makan sayur sebanyak banyaknya, air putih sebanyak banyaknya bertahap ya minumnya.

Setelah berbuka puasa STOP!! jangan tergoda sama ngemil lain lain !!! tiba tiba masak mie goreng lah, beli nasi goreng lah jam 9 mlm hahhaha. Jika jam 12 malam gue laper krn mau kasih susu aurora kadang gue sediain buah cuma makan apel dan minum air putih yang banyak udah gue tidur lagi.

laper gak? awal awal iya laper tp gak berlebihan kaya orang kelaparan sampai lemas gitu, lama lama otak gue bilang itu cukup kok dengan gue makan segitu aja. kenyang gak ? kenyang kok, makan berlebihan juga kan gak bagus ya 🙂

itu pola puasa gue

jadi disini jangan harap gue tulis jangan lupa makan sayur yaaaa karena sayur itu enak dan sehat….

BOKKK GUE AJA GAK SUKA SAYUR !!! ahahaha

Sayuran yang bisa lewat mulut gue cuma daun bayam, daun kangkung, daun katuk ( terpaksa makan demi ASI ) UDAHHHHHH itu juga terpaksa krn dulu hamil ceritanya ala ala makan sayur hahahha eh sama gado gado deh itu kan ada tauge, kacang panjang, kol ya lumayan mau itu juga sudah ketiban sama bumbu kacang nya kali ya. tapi gue penggila buah banget banget banget banget.

Nah kalau hari biasa gimana cara atur makanannya?

diet table-different font900748320..jpg

3. OLAHRAGA

Olahraga-nya apa aja?

Jogging jam 9 :00 pagi . Kl gue treadmill 30 menit sampai 1 jam ( mau jalan mau lari terserah sekuatnya aja ) saran gue kalau baru mulai ya jalan santai aja dulu hari berikutnya boleh sambil lari lari gemezzzt ya.

” Ah loe enak punya treadmill, gue yang gak punya gimana?

sisttt percayalaah kl loe niat jiwa dan raga hahaa pasti akan loe lakukan apapun , dulu waktu gue sama poppa gak ada niat sama sekali yg namanya olahraga BOROBORO itu treadmill di pake, di lirik aja engga sampai berdebu, sampai macet gak bisa di gunain sangking udah lama gak pakai. Kalian bisa lari dl sebelum berangkat kerja atau setelah pulang kantor, jika IRT luangkan waktu kalian untuk berolahraga pasti bisaaaa pastiii 😘.

zaman gue ngantor dulu gue selalu lari di GBK sehabis jam pulang ngantor, sambil cuci mata liat cowo cowo Indobarian gak pake baju perut kotak kotak hahah atau lari sambil curhat ke temen kerja ttg pedihnya hidup udah lama pacaran tapi gak di kawin kawinin *loh ahhahahah gak sadar tiba tiba udh 8 puteran GBK hahhahah.

Zaman belum nikah kalau weekend gue harus banget abis subuh lari di lapangan bola deket rumah, atau gue ke Universitas Indonesia jogging 1 puteran UI, gue juga bukan pelari yang gimana gitu sampai ikut marathon ENGGAK!! cuma gue lebih suka jogging dari pada gue harus aerobik, atau yoga, belum suka sih tapi kayaknya gue akan coba heheeh pengen fitnes tp masih mikirin anak siapa yang jaga.

20180308_003222863279721.jpg

Carita dari gue sih segitu aja ya lalu kita mulai program diet poppa ya, ini kayaknya yang kudu di tiru krn dia sesuai aturan banget ahhahah gak kaya gue.

(((( YAK PARA BAPAK BAPAK MARI MERAPAT )))

kenapa sih poppa segitu niatnya mau nurunin berat badan?

thumbnail 3

sedikit cerita hal yang paling paling paling buat ngebuka pikiran dia, tahun lalu salah satu keluarga kita meninggal dunia dimana itu adalah Om nya aldy, almarhum meninggal terkena serangan jantung, saat aldy mendatangi rumah duka aldy melihat sepupunya yang di tinggalkan oleh ayahnya, maaf sepupunya ini special need juga gak usah di jelasin ya diagnosanya, yang jelas aldy pulang dari rumah duka nangis sama gue, dia bilang

Aku gak tega liat si A kehilangan salah satu orang tuanya, kebayang gak? nanti siapa yang jagain itu anak ya? siapa yang akan mencari nafkah?. Kebayang gak kalau aurora kaya gt?.

april_2018-03-07-16-49-28-4051254891984.jpg

ya selain memang takdir Allah tidak ada yang tau, gak ada salahnya kita jaga kesehatan kita semaksimal mungkin menghindari kejadian kejadian yang tidak di inginkan, krn penyebab serangan jantung salah satunya semasa hidupnya tidak menjaga kesehatan seperti olah raga, dan pola makan yg benar.

20180308_0841241665324391.png

di tambah semenjak aurora pakai NGT, ini terberat menurut dia mungkin ya,
anak gue pakai selang

Gila kalau hidup gue gak sehat dan gini gini aja terus, gue sakit siapa yang akan jaga anak gue, siapa yang akan rawat anak gue kalo bukan gue sama bini gue. berat badan gue udah kelewatan sih bisa drop tiba-tiba dengan penyakit macem macem

gue inget dia bicara begitu bangun tidur pagi pagi, 1 minggu setelah aurora di pasang NGTube.

Ekspresi gue waktu itu ( mengerutkan dahi dan berucap )

amih : ” hmmmm kesambet apaan looe? ” hahah aneh banget kirain mengigau dese

poppa : ” aku harus daftar gym lagi nih, tolong besok beliin roti gandum, sayuran , buah, terus aku mau beli sepatu lari

amih : ” yaelaaah lebay amat nanti daftar doank dateng gymnya engga buang buang duit aja deh,”

( yang udah udah sih  dulu gitu bayaaaaar aja perbulan, datang gymnya engga ).

april_2018-03-07-16-48-40-7631097616154.jpg

Gue gak perhatiin pola dia diet dan workout dia gimana tiba tiba bulan ke 3 katanya dia udah turun 5 kg, hmm seperti gak ada perubahan yg gue liat hahaha mungkin dulu sangking besarnya dia, lalu bulan ke – 4 poppa mulai depresi beratnya gak turun turun – turun dan badannya sakit sakit semua, gue inget dia sempet berucap
poppa : “Pengen liposuction aja deh rasanya… ” kaki ku cedera kebanyakan lari, sakit sampai gak bisa buat jalan”
amih : ” ya udah istirahat aja fitnesnya gak usah dulu”
Poppa : “gak mau ah sayang gpp jalan pelan pelan aja”

lalu dia mulai banyak baca baca lah dan dia menemukan banyak workout di youtube yang menurut dia ngaruh banget. dan berhasil lah selama 1 tahun ini dia sudah menurunkan 31kg. BRAVOOOOO CINTAKU

april_2018-03-07-16-46-42-154428144748.jpg

Caranya bagaimana????
1. Niat dan Motivasi

Ada banyak banget cara untuk nurunin berat badan. Ada dengan cara beragam diet, olahraga, obat2an, puasa, dsb. tapi semua gak akan bisa dilakuin tanpa ada NIAT!!

Cari Motivasi diri loe dulu apa yang membuat loe pengen banget hidup sehat, dan ingin nurunin berat badan. karena tiap orang beda beda kan ya, misalnya ada yang mau tampil keren, ada yang pengen jadi badannya lebih berisi, banyak banget alasanya, ada yang mau ya pokoknya gue sehat aja dulu. nah kalau poppa ini seperti gue ceritakan di atas ingin selalu terus bisa melihat perkembangan anaknya sampai besar nanti tanpa banyak penyakit dengan gaya hidup gak sehat.

Jika loe udah niat untuk menguruskan berat badan dan hidup sehat, gak usah bilang bilang ke orang lain,

eh gue mau diet nih, eh gue mau gym deh, eh gue gak mau makan daging ah, eh gue gak mau makan nasi ah”

menurut poppa itu semua hanya omong kosong yang loe tidak akan lakuin, pilihannya ya loe berubah sesuai dengan hati loe, diem diem aja tanpa di ketahui orang sekitar, biar loe sendiri yang akan merasakan perubahan sedikit demi sedikit karena itu semua untuk kebaikan diri lo sendiri.

april_2018-03-07-23-55-27-6321027762385.jpg

2. Displin dan Konsisten

Jangan gunakan cara diet Instan, cepat dalam menurunkan berat badan karena selain hasilnya juga gak baik dan jika melanggar loe bisa naik berat badan 2x lipatnya lagi dengan cepat. Jadi lebih baik diet dengan pola yang baik pelan tapi pasti dengan disiplin dan konsisten loe akan menikmati hasilnya. Ikutin terus setiap hari jangan bosan jangan menyerah di tengah jalan sampai loe dapat hasil yang loe inginkan .
POLA MAKAN

Setiap orang punya masing-masing punya kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung dari postur badan, tinggi badan, kesehatan, aktivitas, dll. jadi makanan sehari-hari harus seimbang dengan aktivitas kita juga.

Untuk Poppa yang kerjaannya sebagian besar di balik meja kantor lebih banyak duduk didepan komputer Poppa punya asupan kalori yang begini:
Pagi : pagi itu kunci makanan utama untuk ngasih kita tenaga buat aktivitas, jadi poppa harus dapet asupan dari protein, karbohidrat dan lemak yang seimbang. biasanya poppa setiap pagi makan Cereal dengan susu tanpa lemak semangkok dicampur dengan buah2an kayak pisang atau strawberry. kalau lagi bosen bisa diganti dengan telur ayam 2 atau 3 butir di scramble atau di ceplok ditambah dengan roti tawar gandum 1 sampai 2 slice.
Siang: Makan normal (½ porsi nasi merah (kadang kadang kalau di kantin kantor jualan + protein 30% + sayuran dan buah 60% ) . kadang aldy makan sate ayam bisa 20 tusuk tanpa nasi dan lontong lalu sore dia makan salad. kalau makan siang dia agak bebas sih menunya kadang bawa dr rumah kadang ya di kantor ya intinya karbohidrat gak usah banyak banyak secara di kantor aktifitasnya cuma duduk aja kan ya ga macul.

Malam : makan malam disaranin paling lama 4 jam sebelum tidur dan diusahakan gak makan, minum air putih aja yang banyak, tapi itu lumayan berat kadang-kadang Poppa jg suka gak kuat, jadi boleh makan tapi pastiin gak terlalu banyak dan jangan makan karbo seperti nasi, roti, kentang atau mie sama sekali. karena karbohidrat itu ngasih kita energi dan klo dikonsumsi sebelom tidur yang ada karbo ketimbun jadi lemak. jadi lebih baik klo memang harus makan malem diusahakan makan buah2 an atau sayur2an aja.

Nah kebalikan gue gak suka sayur tapi suka buah, tapi aldy gak suka makan buah, tapi dia suka makan sayur sayuran mentah ( jadiin salad ), ingat sayuran dan buah juga ada sedikit karbohidratnya jadi gak usah khawatir loe akan lemes lesu lunglai asal porsinya buanyak banget, jangan di jus ya tp kunyah aja lebih kerasa kenyangnya.
“Poppa Pake Suplemen gitu gak??”

Iya untuk beberapa bulan Poppa emang sempet pake Susu-Susu Diet yang banyak dipasaran, tapi menurut Poppa itu gak terlalu ngaruh karena itu cuma untuk gantiin makanan harian kita jadi lebih simple dan ketakar aja dibanding harus masak-masak. tapi intinya tetep harus dibantu dengan olahraga dan pola makanan yang kita makan. Tanpa olahraga dan ngatur Pola makan gak akan berhasil, karena ada beberapa temen Poppa juga konsumsi Produk yang sama dengan Poppa tapi gak dapet hasil apa2 karena gak diseimbangin dengan olahraga dan pola makan teratur.

april_2018-03-07-23-52-58-6881192759475.jpg

WORKOUT

Pagi :

Poppa ngikutin Metode HIIT (High Intensity Interval Training) ini yang lagi hits sekarang karena HIIT itu gabungan Cardio and Weight Workout. kenapa sih HIIT?? karena HIIT itu mirip2 sama kardio cuman waktunya gak perlu lama2 tapi ngebakar lemaknya sama dengan cardio dengan waktu yang lama.

beberapa HIIT yang Poppa Lakuin:

Tabata workout ( klik disini ) lakukan 4 Set , karena kita berdua lagi ingin pembentukan perut kita ambil workout ( klik disini ).

HIIT Treadmill (Lari di treadmil 30 detik Jalan 1 Menit) dilakuin sampai 15-20 Menit

Freeletics atau sejenisnya ( banyak App di Smartphone yang bisa di download gratis )

Poppa juga ngelakuin Fasting Workout yang artinya untuk olahraga pagi Poppa gak makan sama sekali dulu kecuali minum air putih sebelum olahraga

Malam: Poppa Gym 2 Jam selama 4 sampe 5 kali dalam seminggu

di lakukan setelah pulang kerja bisa mulai jam 20:00, jadi pulang sampai rumah bisa jam 11 atau jam 12 malam dimana eike sudah tidur hahaha.
“Harus Gym? Bayar Member Gym khan Lumayan Mahal??”

Sebenernya untuk buat badan sehat gak masalah keluarin uang lebih daripada ngeluarin uang lebih untuk biaya rumah sakit karena kita gak jaga kondisi badan. tapi kalo memang masih terasa berat bayar member gym gak perlu kok, karena sekarang udah banyak video2 workout di youtube yang bisa dilakuin dirumah atau dimanapun tanpa harus bayar member Gym mahal2.

april_2018-03-07-23-32-39-0601598565981.jpg

3. Be patient with the result

Memang lama hasilnya butuh kesabararan karena butuh proses. Poppa itu baru dapat menikmati hasilnya menghilangkan 31kg lemak tubuhnya itu selama 1 tahun. nah semakin loe liat timbangan berkurang percayalan loe akan lebih bersemangat lagi untuk menyukai olah raga dan pola makan sehat.
4. Do Research

Setiap orang kondisinya berbeda-beda dari pola makan, jenis olahraganya, kebutuhan fisiknya, aktifitasnya, dsb. jadi pasti cara yang dilakuin bisa beda-beda untuk ngurusin atau naikin berat badan. jangan males untuk research dan cari tau di internet atau baca2 buku soal diet, olahraga dan hidup sehat, karena untuk meraih itu semua lo harus tau apa yang paling tepat buat lo. klo lo udh males research dan cari tau cara2 untuk badan ideal, berarti poin pertama lo belom ada yaitu NIAT!!
5. Enjoy

SANSSSSS!!! lakukan semua dengan happy, jangan jadikan beban, loe masih boleh kok cheating day, HARUS malah biar selalu terasa happy loe makan sesuka hati makanan kesukaan loe. TAPI!!! setelah itu di bayar dengan olah raga lagi dengan durasi di tambah pastinya.

Masih suka ngemil gak di luar jam makan ?

Ngemil itu kan cuma napsu aja kok, mulut loe pengen aja ngunyah ngunyah, tapi kalo pengen banget ya gak dosa kok, kalo gue sama aldy misalnya pengennnnnnnn makan martabak atau pizza ya gpp 1 potong lalu minum air putih yang banyak udah kelar deh yang penting loe gak penasaran kan sama rasanya. apalagi gue penggemar cilok dan mie ayam, kl lagi pengen ya gue cuma makan 3 butir cilok atau mie ayam cuma 2 sendok makan aja. jadi sebelum makan mie ayam atau mie instant gue kasih ½ porsi mie gue ke Mbaknya aurora dulu hahhaha sama satu lagi, kalau makan di luar usahakan untuk tidak memesan minuman yang manis manis, seperti teh manis, coke. Jadi minuman yang selalu gue pesan ” mineral water 2 ya 🙂 ” . kadang lg pengen coffee latte ya gue gak abisin semua gue taro kulkas dan bisa 2 hari abisnya.

april_2018-03-07-16-38-55-1611715208303.jpg

Simple kan ya? Insya Allah kalau konsisten di lakukan setiap hari akan ada hasilnya, pernah ada ya temen gue nanya pola diet aldy, gue jawab singkat ya, kalau gue kasih tau detail semuanya bisa pingsan dia . Disitu dia ngmg;
” wah ribet ya hidupnya, gue gak masalah deh gendut asal bahagia”

Ngggg…… hmmmm gini gini lagi lagi disini gue gak bilang terlalu kurus atau terlalu gemuk itu sehat. menurut gue tubuh manusia kan sudah ada standardnya / idealnya masing masing ya bisa di ukur dari gender, tinggi dan berat badan lalu ada hasil berupa “nilai” di situ, ya kalau kurang atau berlebihan ya gak sehat lah, kalau loe gak sehat bagaimana loe bisa bilang bahagia?? dan setiap orang punya pilihan hidup masing2. Mempunyai berat badan ideal tentu penting sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan. Ini juga merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit. tetapi kalau memang menurut dirinya dengan badan seperti itu dia bahagia ya silahkan.

Buat tambahan, cara yang Poppa dan gue lakukan ini belom tentu cocok dan sesuai sama semua orang ya, kita cuman berbagi cerita pengalaman kita untuk nurunin berat badan. jadi disaranin untuk research lebih metode or cara2 diet lainnya dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing

 

20180308_0031562122234243.jpg
            KANAN: kondisi badan kita saat ini February 2018 ( amih 41kg  – poppa 78kg )

Okay itu aja sih cerita pengalaman amih dan poppa untuk mencoba hidup sehat,kalau ada pertanyaan kita lanjutkan di comment ya, jika ada pertanyaan lainnnya dengan poppa kalian bisa direct message on instagram di Instagram Remialdy ( KLIK DISINI ).

SELAMAT MENCOBA DAN SEMANGAAADHHH KAKAKKKKKK!!

*jng lupa bisikin ke kita ya kalau kalian sudah berhasil MUAACH :*

 

eh jangan lupa di balik semua ini  ada Aurora yang berhasil diet untuk menaikan berat badannya juga.

april_2018-03-08-00-09-09-438236353209.jpg
kiri 6kg – kanan 11,5kg ( dalam waktu 1 tahun )

Terimaksih sudah membaca ,, iyee iyee besok cerita aurora lagii..sabar ceuu :))

28 thoughts on “Commit to be fit

      1. Assalamualaikum amihh..udh 3 minggu ini ngikutin tips n trik diet amih n poppa…alhamdullilah turun 4kg mih..hehhee…cm skrg lg gak fit, kena flu n batuk, jd blm olahraga lg..huuhuu..

        Like

    1. iya memang masalah badan orang beda beda ya yg satu naikin aja susah banget, aku nurunin aja susah banget hahaha, Insya Allah olahraga bikin metabolisme tubuh seimbang . paling engga sehat dulu bentuk badan sesuai selera menjadi bonus ya mba heheh

      Like

  1. Monda… Suami suka sayur mentah pake dressing ga pas makan…. Mayones or etc ya… Trims jawabannya

    Like

  2. Kereennn Mba…dulu diriku sebelom hamil 42, pas hamil naik 22kg jadi 64, trus nyusut dg sendirinya sampe 42 lagi,naahh karna niat pengen donor darah,harus naikin berat badan nih,sekarang beratku 50kg tinggi 155, malah pengen seperti dirimu Mba, bisa rata gitu perutnya😄😄…karna aku naik BB lemaknya lari ke pinggul,paha dan perut,lengan,tangan sama pipi ku sih masih biasa aja…nice story,diriku harus mengumpulkan niat dulu nih buat ngeratain perut😄😄..inspirasi banget nih Mba Monda😘😘

    Like

    1. haahaha bener awal awal juga aku maju mundur, besok diet ah, eh malah jajan mie ayam hahah gitu terus gak kelar, pas nemu hal yang membuat tekad bulad, bener2 semua di tempuh deh,, hahah bentuk badan ku juga gede di atas kecil di bawah kaya buah PEAR, dan lengan ku susaaaahbanget buat kecil hiks,, MANGAT YA MBA TYA :*

      Like

  3. Abis lahiran SC BB masih PR ni mbaa, diet kdg jga dah jaga makan bgt, olhraga sih yg susah anak gg ada yg jaga soalnya IRT,suami kerja plngnya maghrib hihi, BB masih PR 10 KG lagi baru enak kyanya bdannya. Tpi mau cba pola mkannya amihh deh, kalau olhrganya gmn crnya ya biar ttp bsa olhrga sdgkan aku susah kluar rumah hihi. 😂😥😥😥

    Like

    1. santai aja, nanti anak sudah besar bisa curi2 waktu dl kalau masi bayi memang agak susah, curi waktu 1 jam untuk workout via youtube mba heheh sekarang udang banyak kan mau zumba, apapun sudah beragam gerakan. semangat yaaa yg penting makannya di jaga aja dl jangan terlena ,, HAZEK hahah

      Like

  4. monda…., semakin buled niat gw buat diet, liat hasil lo bikin ngiri sampe ujung kaki 😀
    semoga..semoga.. bisa jalan dietnya.

    Like

  5. kak Monda.. makasih inspirasinya ya, hhhh jadi semangat dietnya nih soalnya liat hasil yang diperoleh kak Monda. Buat si cantik Aurora semoga sehat terus ya kak.. Aamiin..

    Like

  6. mau coba cara amih ah pas banget kayak aku n suami sekarang yg mulai overweight punya anak yg masih kecil juga. moga2 konsisten n sukses ya

    Like

  7. Assalamualaikum amih..sun klomoh dulu buat ulo😘😘..smg selalu dimudahkan ya..
    Btw doakan jg smg diriku dimudahkan menguruskan badan yg alamak melar seperti bola bekel dicelupin ke minyak tanah 😣

    Like

  8. Aaah amiiih mirip kaya aku dan almarhum, itu poppa badannya sama kaya almarhum pas nikah sampe 110 kg de 95kg, gue udh bawel, bae2 nanti takut ngendepin penyakit, di sela2 mau meninggal kaeena serangan jantung sahabatnya udh wanti2 nasihatin kudu pola hidup sehat dan olahraga, kasian istri lo lagi hamil, dia termenung.. Aaaah kmgue jadi teringat ini lagi, gue sendiri lupa hidup sehat sekarang, banyak begadang karena dafi hampir jarang tidur malam, dan makan ngasal bangetttt karena stress.. Diet dan hidup sehat akhirnya wacana belaka kala mie ayam dan bakso menggoda 😐

    Like

  9. Paling ga suka klo ada org yg ribet banget komen klo kita tuh mau hidup sehat ga nyaman sama bb sekarang padahal yg jalanin kita kan bukan mrk tp kok bisa sihhhhh ribet ngurusin org mau hidup sehat…. jd sekarang harus tambah merapat lg sama org2 yg mau hidup sehat…. 🤗🤗🤗🤗

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s